Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

Guyub Rukun Membangun Ketangguhan Kebencanaan Menghadapi Musim Hujan

18 Oktober 2020 16:00:42  Administrator  1.323 Kali Dibaca  Berita Desa

(TEMONKULON) Warga Dusun Kaliwangan Kidul, Kalurahan Temon Kulon  melakukan gerakan pembersihan dan memperbaiki saluran irigasi dengan cara bergotong-royong, minggu (18/10/20) dalam rangka menghadapi masa tanam (MT 1).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin warga setiap menjelang  menghadapi musim penghujan agar air bisa mengalir secara lanjar dan tidak terjadinya banjir khususnya di lahan pertanian.

Berdasarkan potensi dan bencana yang selama ini terjadi di Kalurahan Temon Kulon Banjir merupakan bencana yang paling mungkin terjadi di kalurahan Temon Kulon. Maka perlu di lakukan pencegahan sebelum adanya bencana tersebut.

Terlihat para petani sangat bersemangat membersihkan saluran irigasi, pembersihan dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah, sehingga terjadi pendangkalan saluran yang nantinya akan menghambat lancarnya aliran air menuju kawasan persawahan di daerah tersebut.

Kepala Dusun Kaliwangan Kidul, Budi Waluyo mengatakan, pembersihan irigasi itu dilakukan untuk menunjang kelancaran air irigasi di semua wilayah persawahan yang ada di Dusun tersebut.

“Setiap menghadapi musim penghujan kita wajib turun memperbaiki saluran irigasi dengan cara gotong-royong bersama kelompok tani adem tani 2. Kalau saluran testier itu bisa menjadi tanggung jawab petani itu sendiri, ini juga salah satu cara untuk memulihkan ketahanan pangan para petani dengan lancarnya aliran air irigasi maka produksi padi dan sayuran petani dapat meningkat sekaligus mengurangi resiko gagal panen akibat banjir” tuturnya. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Kedungbanteng, Temon Kulon, Temon, Kulon Progo
Kalurahan : TEMON KULON
Kapanewon : TEMON
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55654
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:52
    Kemarin:123
    Total Pengunjung:124.919
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.224.63.87
    Browser:Mozilla 5.0

Belum ada agenda